ANTARA - Peristiwa

Wednesday, December 16, 2009

Parkir Jakarta Terendah Kedua di Dunia

General: Parkir Jakarta Terendah Kedua di Dunia

Survei tahunan mengenai biaya parkir di pusat bisnis dunia menempatkan Jakarta, sebagai kota dengan biaya parkir terendah kedua di dunia. Jakarta memperoleh rata-rata US$27.20 setiap bulannya. Angka tersebut masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan Mumbai yang hanya mencapai US$25.68.

Kota lainnya dengan biaya parkir rendah yaitu Bangalore dan Delhi US$32.10, Bakersfield $40, dan Manila $42. Sementara London menempati urutan pertama sebagai kota dengan biaya parkir termahal yaitu $1,020.29 per bulan, Amsterdam $805.36 per bulan, Hong Kong $748.2 dan Sydney $587.72.

Sedangkan survei biaya parkir harian menunjukkan, pengendara di Jakarta setiap harinya menghabiskan rata-rata $1.52 untuk memarkirkan kendaraannya di pusat bisnis. Angka tersebut merupakan terendah keempat setelah Bangalore $1.50, Mumbai $1.07, dan Chennai 98 US sen.

Rendahnya biaya parkir menunjukkan bahwa diperlukan suatu langkah untuk menghadapi masalah transportasi, salah satunya yaitu dengan membatasi jumlah kendaraan pribadi guna mengurangi kemacetan.Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Transportasi, Soetanto Soehodo mengatakan pengelolaan harus difokuskan pada pengembangan transportasi publik dan perbaikan sistem parkir. (JakartaPost/uth)

No comments:

Post a Comment